Red Flag : Ciri perusahaan yang sebaiknya dihindari

pic : pinterest

Ketika melamar pekerjaan untuk pertama kalinya seringkali fresh graduate bingung untuk menilai apakah sebuah perusahaan ini baik atau harus dihindari. 

Mereka juga tidak tahu bagaimana standart perusahaan ketika melakukan proses rekrutmen, maka dari itu kamu harus mengenal tanda perusahaan yang sebaiknya dihindari : 

1. Menahan ijazah 

Biasanya menahan ijazah itu dilakukan berdasarkan kesepakatan antara karyawan dengan perusahaan, akan tetapi tidak disarankan untuk dilakukan karena nanti bisa saja hilang atau rusak dan mungkin merugikan karyawan di masa depan seperti kamu sulit untuk resign karena ijazah ditahan.

2. Turn Over Tinggi

Jika kamu mendengar ada perusahaan yang sering kali membuka lowongan pekerjaan dan banyak karyawan yang resign, kamu harus hati - hati karena mungkin ada ketidaksesuaian antara jobdesk dengan gaji yang diterima atau suasana perusahaan yang tidak kondusif. 

3. Intern lebih banyak daripada Karyawan Tetap

Apabila ada sebuah perusahaan yang memiliki jumlah intern lebih banyak, sering menawarkan program intern setiap beberapa bulan dan unpaid maka perusahaan tersebut tidaklah sehat karena secara operasional mereka mengandalkan intern yang tidak dibayar. 

4. Job Desc tidak sesuai dengan Posisi 

Ketika interview kamu harus bertanya tentang job desc harian dan apa saja lingkup pekerjaan yang harus kamu lakukan. Apabila kamu melamar untuk posisi desain grafis tapi diminta untuk bikin konten, copywriting dan lainnya itu sudah double job dan tidak sesuai dengan posisi yang kamu lamar. 

5. Lingkungan yang toxic

Coba amati apakah kantor tersebut memiliki culture perusahaan yang baik seperti apakah karyawan mendapatkan haknya, lalu bagaimana pimpinan di perusahaan tersebut dan bagaimana karyawan disana. Kamu bisa mengamati via sosial media atau bisa ketik nama perusahaan di google untuk melihat review yang ada. Saat ini ada banyak orang yang melakukan penilaian kepada perusahaan saat magang dan bekerja dari sini kamu bisa melihat sebaik apa lingkungan perusahaan tersebut.

Apakah kamu memiliki pengalaman bekerja di perusahaan yang red flag? 

Good Luck

The Classy Coach


Share:

Post a Comment

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes