Tips Komunikasi Hari Pertama di Kantor

Hari pertama di kantor bagaimana sih cara kenalan dan bergaul dengan karyawan lainnya?

pic : pinterest

Untuk yang baru pertama kali kerja pasti masih bingung bagaimana suasana kantor dan bagaimana cara buat kenalan dan membaur dengan karyawan lainnya. Karena sebagai anak baru pasti kita ngerasa canggung dan takut bikin kesalahan apalagi di hari pertama kerja.

Beberapa tips ini bisa kamu terapkan sebagai newbie di kantor :

1. Hari pertama coba bangun hubungan baik sama Pak Satpam dan kenalin diri sebagai karyawan baru. Pak Satpam ini akan berguna banget untuk tanya beli makanan di mana atau bisa minta tolong misal untuk terima paket kalau dikirim ke kantor.

2. Tanya informasi ke resepsionis siapa yang harus kamu temuin dan dimana ruangan kamu. Hari pertama pasti bingung kan jadi ada baiknya kamu inisiatif untuk cari tahu.

3. Senyum dan sapa staff yang kamu temuin. Meski canggung tapi ada baiknya untuk mulai hari pertama dengan se-ramah mungkin dengan staff lainnya.

4. Kalau staff lain sedang bicara usahakan jangan nimbrung kalau kamu tidak ditanya atau memang diajak dalam pembicaraan tersebut. Lihat dan kenali dulu karakter teman kantor kamu bagaimana.

5. Kalau kamu ditanya tentang pengalaman magang atau volunteer jangan sampai kamu gosip tentang hal buruk disana meski kenyataannya memang ada yang tidak baik tapi simpan sendiri saja dulu. Di awal jangan sampai kamu bergosip tentang siapapun dan apapun!

6. Tanya informasi tentang kantin atau tempat makan rekomendasi yang ada di sekitar kantor. Ada baiknya di awal kamu ikut berbaur aja dulu untuk makan siang bareng.

7. Ingat jangan curhat dengan teman kantor. Kalau ditanya tentang hal personal kamu bisa mencari jawaban yang aman. 

8. Alangkah baiknya jika kamu memiliki sosial media khusus untuk pekerjaan yang terpisah dengan sosial media pribadi. 

Kunci sukses bangun komunikasi dengan rekan kerja adalah kita mau mulai dan jadi diri sendiri. Yang penting adalah tetap jaga dalam lingkup profesional agar ada batasan antara diri kita personal dengan pekerjaan di kantor.

Good Luck

The Classy Coach

Share:

Post a Comment

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes