Pilihan yang kamu miliki setelah lulus kuliah

 Apa saja pilihan yang tersedia untuk mendapatkan penghasilan buat fresh graduate?

pic : pinterest

Biasanya setelah lulus kuliah, fresh graduate akan berlomba - lomba untuk mencari pekerjaan entah di perusahaan swasta atau menjadi pegawai negeri seolah - olah pilihan untuk mendapatkan uang hanya dari bekerja di perusahaan saja.

Sebenarnya ada 3 pilihan untuk menghasilkan uang untuk fresh graduate yaitu :

Kerja Kantoran 

pic : pinterest

Bekerja di kantor adalah pilihan yang paling mudah karena dengan ijasah yang kamu punya kamu memiliki kesempatan untuk melamar pekerjaan dengan gaji UMR. 

Kesulitan yang dihadapi adalah syarat lamaran kerja saat ini terlalu memberatkan seperti ada batasan usia dibawah 30 tahun bahkan terkadang dibawah 25 tahun!

Bekerja di kantor bisa menjadi langkah awal untuk menapaki karir di korporasi.
Hal yang perlu kamu siapkan adalah CV dan Surat Lamaran.

Freelancer

pic : pinterest

Kamu bahkan bisa mulai menjadi freelancer saat masih kuliah karena sifatnya tidak terikat kontrak eksklusif seperti bekerja di kantor tapi kamu perlu memiliki satu skill khusus yang kamu tawarkan misalnya content writer atau accounting.

Jadi untuk bisa mulai bekerja sebagai seorang freelancer kamu butuh tahu skill apa yang bisa kamu tawarkan kepada client.

Hal perlu kamu siapkan adalah portofolio yang bisa kamu cantumkan dalam website dan aktifnya menawarkan jasa kamu lewat sosial media, linkedin atau ikut dalam website freelancer.

Jualan / Bisnis

pic : pinterest

Ini adalah hal yang membutuhkan lebih banyak pertimbangan dan pemikiran karena untuk mulai jualan kamu tidak hanya membutuhkan modal tapi juga banyak belajar terkait sales, sosial media dan mengerti tentang keuangan!

Menurut saya untuk menjadi reseller atau membuka suatu bisnis harus memiliki modal dan juga perhitungan yang tepat untuk meminimalisir kerugiaan. Karena dalam bisnis selalu ada untung dan rugi, maka secara mental kamu harus siap untuk menghadapi hal ini.

Hal paling mudah adalah mencoba menjadi reseller yang modalnya minim dan mulai belajar untuk membuat konten serta promosi secara online. 

Jadi ada banyak cara untuk mendapatkan penghasilan bagi fresh graduate hanya saja kamu harus mengetahui career path kamu seperti apa.

Langkah pertama akan menentukan hidup kamu kedepannya, oleh karena itu kamu harus memikirkan dan membuat terlebih dahulu rencana karir sebelum kamu memutuskan mengambil langkah yang mana.

Semuanya sama - sama baik, sama - sama menghasilkan uang dan memiliki tingkat kesulitannya masing - masing. Apapun pilihan kamu entah itu bekerja di kantor atau ingin bekerja sebagai freelance atau berjualan sendiri yang penting adalah bagaimana kamu menghasilkan uang tersebut.

Ingat.. carilah uang dengan HALAL!

Good Luck

The Classy Coach



Share:

Post a Comment

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes