Skill for Level Up Career

Bagaimana cara meningkatkan karir?
Bagaimana saya bisa mendapatkan promosi?
Apa saja yang harus saya upgrade?

pic : pinterest

Ketika kamu sudah bekerja pasti akan ada keinginan untuk bisa naik jabatan atau ingin naik gaji dan berpikir apa saja yang harus kamu lakukan terlebih hirarki dalam dunia kerja itu berbentuk piramida jadi kamu akan bersaing dengan rekan kerja kamu yang lain.

Untuk bisa stand out dari karyawan lainnya dan mendapatkan kesempatan promosi ada beberapa skill yang sebaiknya kamu kuasai untuk bisa level up karir kamu :

Public Speaking

pic : pinterest

Belajar untuk bisa berkomunikasi dengan baik akan membuat pekerjaan kita lebih lancar dan dapat meminimalisir kesalahpahaman antar rekan kerja atau bahkan antar divisi. 

Kamu bisa lebih aktif terlebih ketika rapat dan itu membuat kamu lebih stand out dibanding rekan kerja lainnya. Atasan pun akan lebih mudah mengenal dan mengingat kamu ketika aktif dalam diskusi saat rapat.

Presentasi

pic : pinterest

Kemampuan yang sangat berguna apabila kamu adalah seorang marketing atau team leader yang memang sering melakukan presentasi baik itu ke staff di kantor, meeting dengan atasan atau client. 

Bisa delivery pesan dan diterima oleh peserta rapat dengan baik adalah kemampuan yang sangat dibutuhkan untuk posisi manajerial terutama ketika harus koordinasi staff dalam jumlah yang banyak. 

Presentasi sangat dibutuhkan untuk bisa menyampaikan pesan sesuai dengan yang diharapkan oleh perusahaan. Jadi jika kamu menguasai skill ini akan lebih mudah untuk kamu mendapatkan kesempatan menghandle tanggung jawab lebih besar lagi, promosi pun semakin mudah.

Bahasa Asing

pic : pinterest

Saat ini bahasa inggris rasanya sudah menjadi bahasa wajib yang memang seharusnya dikuasai oleh semua orang yang bekerja. Hal ini karena era globalisasi sudah dimulai dan semakin banyak juga orang asing yang bekerja di Indonesia.

Jika memungkinkan coba sisihkan waktu untuk menguasai bahasa asing lainnya seperti Mandarin yang saat ini menjadi bahasa asing terbesar setelah bahasa inggris.

Bahasa yang dipelajari bisa juga disesuaikan dengan industri kamu atau mungkin negara yang ingin kamu tuju untuk bisa bekerja di luar negeri nanti.

Interpersonal Skill


Jika kamu ingin mendapatkan promosi dan menempati posisi manajerial yang lebih tinggi kamu harus mempelajari tentang people development dan salah satu skill yang paling krusial adalah interpersonal skill.

Kemampuan kamu memahami orang lain seperti memahami sudut pandang orang lain, memiliki empati yang tinggi, mampu mendengarkan orang lain dengan netral, memberikan apresiasi dan memahami informasi yang diberikan.

Hal ini bisa dilatih dimulai dengan menjadi pendengar yang baik dan mengasah dalam kehidupan kita sehari - hari agar menjadi kebiasaan.

Manner / Attitude

pic : pinterest

Dalam dunia kerja attitude itu nomor satu baru kemudian skill, maka dari itu kita harus mengerti bagaimana etika dalam dunia kerja dan bagaimana manner kita sehari - hari.

Hal ini biasanya akan menjadi penilaian tidak tertulis yang memiliki pengaruh yang besar. Hal yang paling mendasar adalah kamu mengerti tentang basic manner lalu baru belajar tentang office etiquette.

Kamu bisa baca terkait Basic Manner dalam artikel berikut :
https://theclassycoach.blogspot.com/2023/10/basic-manner-dalam-hidup-yang-harus.html

Time Management

pic : pinterest

Salah satu skill penting dalam dunia kerja karena akan sangat berpengaruh pada pekerjaan kamu adalah time management. Dimulai dari apakah kamu selalu datang ontime ke kantor dan apakah kamu bisa menyelesaikan pekerjaan sebelum deadline sangat membutuhkan pengaturan waktu yang baik.

Bisa mengatur waktu hingga kamu mampu menyelesaikan tugas yang ada merupakan seni dalam menentukan prioritas dan tahu teknik bekerja yang tepat seperti time blocking.

Emosional & Energy Management

pic : pinterest

Hal yang jarang sekali dibahas ketika membicarakan karir padahal dalam dunia kerja hal ini salah satu yang menentukan bagaimana suasana kantor dan mempengaruhi hubungan antar karyawan baik sesama staff atau dengan atasan.

Mengelola energi sangat penting karena hal yang sulit dan deadline harus menjadi prioritas utama dan dikerjakan ketika kamu dalam kondisi yang prima. 

Mengelola emosi akan berpengaruh dalam dinamika tim dan menentukan mood dari teman kerja lainnya. Maka kamu harus mengenal diri kamu sendiri untuk bisa mengatasi emosi kamu agar tidak berdampak pada lingkungan kantor dan pegawai lainnya.

Personal Appearance

pic : pinterest

Ingat jika kita ditentukan dari first impression ketika pertama kali bertemu. Maka penampilan itu menjadi point yang penting ketika kamu pertama kali bertemu entah pada saat hari pertama kerja atau ketika sedang bertemu dengan client.

Penampilan seharusnya bisa merepresentasikan posisi kamu, perusahaan kamu dan sesuai dengan client yang kamu temui.

Personal Branding

Logo Alicia Van Akker as Communication Coach

Melakukan personal branding ini akan membuat kamu menjadi lebih kredible dan dikenal oleh orang lain. Kamu juga bisa mendapatkan kesempatan lain yang lebih baik di luar dari lingkup pekerjaan kamu. 

Personal Branding ini harus sesuai antara dunia maya dengan dunia nyata agar kamu tidak mendapatkan cap hanya pencitraan saja.

Selain memiliki hard skill, kamu juga perlu investasi pada soft skill terutama ketika kamu masuk ke top management yang lebih banyak mengurus people bukan lagi pekerjaan harian. 


Good Luck

The Classy Coach


Share:

Post a Comment

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes